Ikan Hias Pemakan Alga di Aquascape

Neon aquascape - Ikan hias pemakan alga aquascape. Alga merupakan salah satu musuh bagi para scaper, karena tumbuhnya alga sangat mengganggu pemandangan di aquascape. Jika jumlahnya sedikit mungkin tidak masalah. Namun jika terlalu banyak tentu akan mengganggu keindahan aquascape. Untuk membersihkan alga sebenarnya sangat mudah yaitu dengan mengambilnya langsung atau dengan bantuan fauna aquascape pemakan alga.

Ikan Pemakan Alga Aquascape

Berikut ini adalah ikan hias aquascape pemakan alga paling terbaik yang sering di gunakan untuk  menghilangkan alga oleh para aquascaper.

Ikan CAE (chinese Algae Eater)


ikan pemakan alga rambut ,    , ikan pemakan kotoran aquascape   , ikan pemakan lumut kolam   , ikan hias pemakan kotoran aquarium   , ikan chinese algae eater   , jenis ikan laut pemakan lumut   , lemon alga eater   , ikan aquascape

Ikan pemakan alga pertama ada ikan Chinese Algae Eater atau sering di sebut ikan CAE yang merupakan ikan  herbivora. di habitat aslinya ikan ini sangat suka memakan alga di tempat tertentu seperti di batu dan di  kayu. 

Di alam liar ikan ini bisa mencapai ukuran 25 cm, namun di akuarium ia hanya bisa mencapai 10-15cm.  ikan CAE ini sedikit jail dan suka mengganggu ikan lain.

Ikan SAE siamese alga Eater

ikan pemakan alga rambut ,    , ikan pemakan kotoran aquascape   , ikan pemakan lumut kolam   , ikan hias pemakan kotoran aquarium   , ikan chinese algae eater   , jenis ikan laut pemakan lumut   , alga eater   , ikan aquascape

Urutan kedua ikan pemakan alga adalah ikan sae, ikan ini sangat baik jika di masukkan kedalam aquascape, karena ikan ini mampu menjaga ekosistem di aquascape.ia sangat suka beristirahat di tanamanyang berdaun lebar. Ia merupakan ikan yang sangat berguna, karena ikan ini akan memakan gangang dan alga. 

Bukan hanya itu ikan ini juga sangat ramah jadi cocok di campurkan dengan berbagai macam ikan lainnya.

Udang Amano


Japonica Amano Shrimp, udang ini menjadi populer berkat nafsu makan nya yang besar terhadap alga. Selain makan ganggang ikan ini juga memakan sisa makanan ataupun kotoran ikan di lantai aquascape. Ikan ini  biasanya berwarna coklat buram dengan garis membentang ke belakang. Ikan ini termasuk Ikan pemakan alga terbaik untuk aquascape. 

Ada juga jenis udang jenis lain yang sering di gunakan untuk membasmi alga. Baca disini  Jenis Udang Aquascape Terbaik dan Paling Bermanfaat

Selain ikan ada juga fauna lain pemakan alga, yaitu keong. Adapun beberapa jenis keong yang bisa kamu  tambah kedalam tank untuk menghambat laju perkembangan alga.

Ikan Nila



Ikan Nila menjadi salah satu ikan pemakan alga yang sangat di gemari. Karena ikan ini sangat mudah di dapatkan dan perawatannya sangat mudah. Ikan nila berasal dari Afrika Utara dan di bawa ke indonesia pada tahun 1969. 

Ikan nila merupakan ikan ini merupakan ikan pemakan alga yang sangat rakus. Gunakan ikan ini ketika masik anakan atau berukuran 1-2cm karena ketika ia sudah tumbuh besar ia akan memakan semua tumbuhan yang memiliki tekstur lunak seperti downoi atau stem.

Ikan Borneo Sucker

img by Aquaticarts

Borneo sucker ia adalah ikan yang berasal dari Asia Tenggara tepatnya di semenanjung malaya. Namun saat ini telah menyebar ke beberapa pulau di Indonesia yakni di pulau Kalimantan dan pulau Sumatera.

Borneo sucker memiliki karakter bersahabat jadi ia bisa di campur dengan ikan apa saja. Makanan ikan ini adalah alga, ia juga suka memakan sisa makanan dan kotoran yang ada di akuarium.

Keong Ramshorn




Keong Ramshorn mempunyai bentuk yang atraktif seperti tanduk keong jantan. Makanan keong ini adalah algae dan sisa-sisa makanan. Keong ini menjadi favorit karena bentuk serta warnanya yang cukup mencolok.

Keong Turbo




Keong turbo adalah keong pemakan algae yang rakus, keberadaan keon ini sangat membatu dalam menghambat laju pertumbuhan alga.

Keong Tanduk



Fungsinya tidak jauh beda dengan keong turbo, namun bedanya cangkang keong ini mempunyai tanduk tanduk yang membuat keong initerlihat menarik.

Itulah beberapa jenis fauna ikan pemakan alga aquascape. Selain menggunakan fauna di atas, rutinlah ganti air di tank aquascape anda dan juga kondisikan pasokan co2 agar algae tidak mudah bersarang di aquascape anda.

Zuliyanto

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama