5 Kesalahan Yang Sering Dilakukan Pemilik Aquascape

Aquascape merupakan seni hidup sangat indah, terlebih lagi jika sang pemilik mampu merawatnya dengan baik. Namun seringkali terjadi kesalahan dalam merawat aquascape, entah itu keliru atau memang tidak tahu. Berikut ini adalah 5 kesalahan yang sering di lakukan oleh para pemilik aquascape awam.

Lima Kesalahan Yang Sering Di Lakukan Pemula Aquascape

Seperti biasa, namanya pemula tentu memiliki rasa ingin tahu yang besar. suka ber eksperimen. berikut kesalahan yang sering di lakukan oleh seorang scaper pemula.

Menggunakan Aerator


menggunakan aerator


Hal ini sering di lakukan oleh para pemain aquascape baru. Aerator merupakan alat untuk menciptakan gelembung udara di dalam air.kenapa aquascape tidak memerlukan itu, karena hal ini akan menyebabkan terbuangnya salahsatu kandungan penting di dalam aquascape yaitu CO2 (karbon dioksida).

Sistem kerja aerator adalah meniupkan gelembung udara kedalam aquarium, ini akan meningkatkan kadungan gas 02 (oksigen) kedalam air aquarium dan membuang kandungan CO2( karbondioksida). Selain itu gelembung yang di hasilkan oleh aerator akan meningkatkan pH air, ini buruk bagi tanaman, karena kebanyakan tanaman aquascape membutuhkan PH air di bawah 7.

Lampu Tidak Di Matikan


lampu aquascape tidak di matikan

Banyak para scaper awam yang tidak rela mematikan lampu di aquascape nya karena saking indahnya aquascape miliknya.
Padahal pada dasarnya tanaman aquascape juga mempunyai jam biologis sama seperti manusia. Ia akan berfotosintesis selama 6-10 jam di siang hari. Diluar itu tanaman aquascape akan beresparasi. Di saat melakukan proses fotosintesis tanaman membutuhkan cahaya, namun saat berespirasi ia membutuhkan keadaan gelap. Baca Juga : Kenali Jenis Filter Aquascape Terbaik 

Jika kamu memaksa keaadaan lampu terus menyala, akibatnya akan membuat keadaan tanaman aquascape tidak sehat dan akan di tumbuh alga.

Menguras Habis Air di Aquascape

5 kesalahan yang sering di lakukan pemilik aquascape

Nah hal ini sangat sering di lakukan oleh para aquascaper awam, perlu di ketahui di dalam aquarium terdapat bakteri yang menguntungkan dan membuat air aquascape tetap jernih,bakteri ini hidup di sela-sela pasir, batu dan media filter.

Dengan menguras habis air aquascape, itu sama saja membuang habis bakteri dan merubah PH air aquascape secara derastis, akibatnya ikan dan tanaman menjadi tidak sehat. Nah yang paling bagus adalah mengganti air akuarium / aquascape sebesar 30% - 50%  saja. Selain ikan dan tanaman sehat, tentunya anda juga lebih ringan ketika ingin melakukan kegiatan menguras akuarium /  aquascape.

Zuliyanto

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama