5 Jenis Moss Terbaik Aquascape

Hai sobat aquascape, kamu sedang mencari tanaman hijau yang tumbuh menyebar? Nah tanaman moss adalah pilihan yang paling tepat dab wajib kamu coba. Karena tanaman ini bisa tumbuh menyebar dan sangat mudah tumbuh meskipun minim pencahayaan. Berikut ini adalah 5 Moss Aquascape Terbaik untuk Aquascape.

5 Jenis Moss Terbaik Untuk Aquascape

Adapun beberapa jenis tanaman moss yang sering di gunakan dalam aquascape. Cek di bawah ini yah 

Phoenix Moss, Fissidens Fontanus

5 Moss Terbaik Untuk Aquascape
img by pinterest

Di urutan pertama ada Phoenix Moss, moss aquascape ini berasal dari negara paman sam atau amerika serikat. Moss ini sering di temukan di perairan yang aliran airnya lambat.
Moss Fissidens akan melekat dengan sendirinya di lokasi objek seperti kayu dan batu. Untuk perawatan nya Moss ini relatif mudah karena  tidak memerlukan CO2. Namun akan lebih baik jika di beri CO2.

Christmass Moss

5 Moss Terbaik Untuk Aquascape

Moss christmass adalah moss dengan bentuk seperti pohon natal, moss menakjubkan ini berasal dari brasil. Moss ini pertama kali terlihat di aquascape milik orang jepang dan moss ini di kenal sebagai Amazon willow moss. Baca Juga : Tanaman Karpet Aquascape Terbaik

Moss ini akan tumbuh melekat erat pada objek kayu ataupun batu. Pemangkasan yang teratur akan menjaga kekompakan pertumbuhan pada moss ini.

Moss Pellia Liverwort


5 Moss Terbaik Untuk Aquascape

Moss unik ini berasal dari negara timur seperti india, china, jepang dan hawaii. Tanaman ini dapat di temukan di air yang mempunyai konsentrasi nitrogen tinggi, biasanya di lokasi sekitar manusia.
Moss pellia tidak banyak menuntut, ia bisa hidup di pencahayaan rendah hingga tinggi. 

Ketika dalam kondisi pertumbuhan optimal moss ini akan mengeluarkan gelembung-gelembung di setiap daun nya.

Java Moss

5 Moss Terbaik Untuk Aquascape

Java moss mungkin moss ini adalah yang paling umum bagi kita sebagai warga indonesia, seperti yang kita ketahui moss ini berasal dari asia tenggara.

Java moss tidak mempunyai banyak tuntutan dan ia akan sangat mudah tumbuh dan berkembang. Sayang nya jika kita tidak jeli untuk memangkas nya maka akan tumbuh berantakan. Java moss bisa tumbuh di hampir semua kondisi air.

Moss Riccia Fluitans


5 Moss Terbaik Untuk Aquascape

Moss riccia menjadi salah satu tanaman yang paling menonjol karena ke unikan nya. Moss ini menjadi terkenal karena cara jenius si Takashi Amano ketika menampilkan moss ini di tank aquascape nya.

Moss riccia mempunyai kecenderungan untuk mengapung. Namun hal ini dapat di atasi dengan melekatkan batu atau kayu dengan senar atau dengan hairnett. 

Moss ini tidak akan melekat pada objek, sehingga ketika tanaman ini telah melebihi berat yang mampu di tahan hair nett maka ia akan merobek hairnett dan lepas. Inilah yang menyebabkan Moss Riccia di kategorikan tanaman high maintenance.

Nah itulah lima moss aquascape terbaik. Sebenarnya masih banyak lagi moss untuk aquascape, namun 5 moss itulah yang paling umum dan terbaik di aquascape.

Styawan Zuliyanto

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama